Home » Activity » Workshop Updating Silabus Prodi Berbasis Elearning

Workshop Updating Silabus Prodi Berbasis Elearning


FEBI UIN Raden Intan Lampung – Desember 2018

Silabus merupakan salah satu komponen perencanaan pembelajaran yang harus disiapkan oleh Dosen sebelum dimulainya perkuliahan. Mengingat hal tersebut sangatlah penting dalam menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN (Universitas Islam Negeri) Raden Intan Lampung melaksanakan kegiatan yang bertajuk Workshop Updating Silabus Prodi Berbasis E-Learning bagi Dosen.  Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 07 Desember di Ruang Seminar Dekanat FEBI lantai 2, dengan pemateri Dedi Satriawan, M.Pd.

Workshop updating silabus diharapkan mampu menjawab tantangan dunia pendidikan perguruan tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Dalam kegiatan tersebut, updating silabus dikaitkan dengan penerapan media teknologi informasi untuk pembelajaran, yakni dalam bentuk E-learning. E-learning sendiri ialah suatu sistem atau konsep pendidikan yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran. Manfaat E-learning seperti yang disampaikan oleh pemateri adalah: (1) Penggunaan E-learning untuk menunjang pelaksanaan  proses belajar dapat meningkatkan daya serap mahasiswa atas materi yang diajarkan; (2) Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa; (3) Meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa; (4) Meningkatkan kualitas materi pendidik dan pelatihan; dan (5) Meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi.

Dalam penyampaiannya, Dedi juga mengatakan bahwa pemanfaatan E-learning bukanlah bermaksud mengganti sistem pembelajaran tatap muka di kelas (konvensional) yang telah dilaksanakan selama ini. “Kita menggunakan penyempurnaan teknik pembelajaran konvensional dengan menghadirkan E-learning, bukan mengganti, melainkan menyempurnakan yang disebut dengan blended learning.” tegasnya. 

(DS)