Home » Activity » Pelatihan Team Building & Outing FEBI 2017

Pelatihan Team Building & Outing FEBI 2017


FEBI UIN Raden Intan Lampung – Oktober 2017

Pelatihan Team Buliding & Outing merupakan kegiatan yang sangat penting dilaksanakan dalam sebuah organisasi atau institusi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebagai salah satu fakultas di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung melaksanakan pelatihan tersebut di atas pada hari Rabu, 18 Oktober 2017 untuk indoor dan hari Kamis, 19 Oktober 2017 untuk outdoor. Indoor dilaksanakan di Ruang Aula Dekanat FEBI Lantai 3, sementara untuk outdoor dilaksanakan di Pantai Mutun Pesawaran Lampung.

Pelatihan indoor dibuka oleh Dekan FEBI yang diwakili oleh Wakil Dekan III, Bpk. H. Supaijo, S.H., M.H. Dalam sambutannya, beliau menyampaikakn bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas dasar Agenda Kegiatan Tahunan Fakultas yang fungsinya untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif; membangun tim (Pimpinan, Dosen, dan Pegawai FEBI) yang solid dan memotivasi peserta untuk berinteraksi satu sama lain; menunjukkan kekuatan kerja sama dalam menghadirkan sukses individu, kelompok, dan organisasi; mengajarkan teori dan konsep kerja sama tim melalui role play, latihan, dan praktik; berpartisipasi dalam latihan kerjasama, pemecahan masalah, koordinasi, kolaborasi, pelayanan, kontribusi, komunikasi, sinergi, kepercayaan dan keterampilan emosional; meningkatkan ikatan toleransi dan empati antara anggota tim melalui pengalaman bersama atau pemecahan masalah kolektif. “Atas nama Pimpinan, Saya sangat berharap semoga setelah diadakannya pelatihan ini, dapat menumbuhkembangkan semangat dan motivasi kerja yang tinggi di lingkungan fakultas yang kita cintai ini. Tentu profesionalitas sangat kita butuhkan.” tegas beliau.

Senada dengan hal tersebut di atas, Samsul Rizal sebagai Trainer dari Lembaga Pelatihan SDM “TRUSTCO LAMPUNG’ menyampaikan bahwa Peserta akan belajar cara untuk berkomunikasi satu sama lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, berpikir di luar rincian kecil dan memikirkan tujuan utama, mendukung satu sama lain menggunakan keterampilan emosional dan keterampilan pembinaan untuk memberikan umpan balik, meningkatkan kepercayaan dan kehandalan seluruh tim. “Semua kita landaskan pada Firman Allah SWT yang tertulis dalam Kitab Suci Al-Quran, InsyaAllah jika kita bekerja atas dasar ibadah pada Allah, maka ke-Ridha-an lah yang kita dapatkan, istilahnya ialah Kumpulkan point, maka kita akan mendapatkan coin.” timpal Trainer yang akrab dipanggil Mas Samsul ini.

Pelatihan yang bertemakan “Team Work Makes The Dream Work” ini diikuti oleh seluruh Pimpinan, Dosen, dan Pegawai di Lingkungan FEBI. Selain itu, hadir pula beberapa perwakilan mahasiswa yang tidak dapat dilepaskan dari ruang lingkup Sivitas Akademika. Ibu Zulaini Chaniago, S.E., M.E.I., Akt. (Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan FEBI) yang bertindak sebagai Panitia Pelaksana mengungkapkan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan satu hari saja, melainkan akan dilaksanakan dua hari demi tercapainya tujuan yang diharapkan. “Kita akan lanjut besok (19/10/17) di Pantai Mutun, dan semoga kegiatan besok dapat berjalan lancar sesuai apa yang kita harapkan bersama.” Rencananya, pelatihan Team Building & Outing di outdoor akan menitiktekankan pada praktik permainan-permainan atau simulasi yang dapat meningkatkan kesadaran kerjasama tim dalam berkerja. Sesuai dengan tema, yaitu Kerjasama Tim menciptakan Impian Kerja Tim.

 

-DS-