Ada tiga core values yang terdapat di dalam rumusan Visi FEBI UIN Raden Intan Lampung, yaitu internasionalisasi, integratif multidisipliner, dan wawasan lingkungan.
a. Internasionalisasi
Untuk menjadi “rujukan internasional” diperlukan langkah-langkah internasionalisasi yang dimulai dengan mampu memberikan pelayanan pendidikan tinggi berstandar internasional (internationally standardized), dikenal di dunia internasional (internationally recognized), memiliki reputasi internasional (with international reputation), dan mendapat pengakuan dan kepercayaan internasional (internationally acknowledged and trusted), dan pada akhirnya menjadi rujukan internasional (internasionally referenced).
b. Integratif Multidisipliner
Transformasi IAIN Raden Intan sebagai “institute” menjadi UIN Raden Intan sebagai “universitas”, membawa konsekuensi pengembangan kajian yang tidak lagi monodisiplin, melainkan multidisiplin. Sehingga perlu dikembangkan kajian-kajian akademik yang mengarah kepada multidisipliner. Akan tetapi, di sisi lain, sebagai lembaga penyedia layanan pendidikan tinggi Islam UIN Raden Intan Lampung mempunyai tanggung jawab mengusung nilai-nilai “Islam rahmatan lil ‘alamiin”. Dengan demikian, kajian-kajian akademik yang multidisipliner harus diikat dengan nilai-nilai keislaman yang terintegrasi dalam kurikulum, silabus, proses perkuliahan, dan proses penilaian.
c. Wawasan Lingkungan
Wawasan lingkungan merupakan komitmen strategis FEBI UIN Raden Intan Lampung dalam menjaga keseimbangan antara ilmu pengetahuan, moral dan tanggung jawab. Manusia tidak hanya bertanggung jawab pada kehidupannya, juga terhadap lingkungan di mana ia hidup. Etika lingkungan harus dibangun untuk mewujudkan keseimbangan dalam kehidupan manusia dengan interaksi dan interdependensi terhadap lingkungan hidupnya yang terdiri dari aspek biotik, abiotik, dan kultur.
Tiga nilai pokok (core values) tersebut diharapkan menjadi spirit utama setiap tahapan pengelolaan dan pengembangan FEBI UIN Raden Intan Lampung, menjadi pedoman para pengelola dan pemangku kepentingan dalam menyusun skala prioritas, peta jalan (road map), rencana strategis, dan rencana aksi (action plan) untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang memiliki akseptabilitas, akuntabilitas, dan kredibilitas yang tinggi di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.