Home » Tak Berkategori » Kreatifitas Poster Mahasiswa untuk Fakultas

Kreatifitas Poster Mahasiswa untuk Fakultas


FEBI UIN Raden Intan Lampung – Desember 2018

 

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia membuat poster dengan tema Ekonomi dan Bisnis Islam sesuai arahan dari Dosen Pengampu.

Media poster dipilih selain karena merupakan salah satu materi pokok matakuliah Bahasa Indonesia, juga karena dianggap sebagai media yang efektif untuk mensosialisasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan keilmuan Ekonomi dan Bisnis Islam (sesuai dengan fakultas).

Poster merupakan karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Oleh karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Terkait dengan hal tersebut di atas, Dosen Pengampu Matakuliah Bahasa Indonesia, Dedi Satriawan, M.Pd. mengutarakan bahwa tugas poster sebagai tugas akhir matakuliah dapat dijadikan sebagai wadah penyaluran kreatifitas mahasiswa tentang ide-ide kreatifnya menjadi sebuah produk yang bermanfaat. “Tahun lalu tugas akhir matakuliah yang saya ampu adalah film pendek, dan sekarang poster. Kenapa poster? Tujuannya agar mereka mampu menuangkan ide kreatif dengan kemampuan desain grafis yang mereka miliki. Saya berkeyakinan poster ini dapat menjadi media efektif sebagai bahan sosialisasi kepada warga FEBI jika kita tempelkan di dinding gedung-gedung perkuliahan, mengingat isi posternya tentang teori-teori Ekonomi dan Bisnis Islam” pungkasnya.

Poster-poster yang mahasiswa buat berjumlah 28 buah, dengan perincian setiap kelas membuat 4 buah poster dan ada 7 kelas yang diberi tugas tersebut. Poster yang dibuat telah diserahkan kepada fakultas, langsung oleh 7 orang kosma (ketua kelas) kepada Dekan FEBI, Dr. Moh. Bahrudin, M.Ag. di ruang kerjanya minggu lalu. Sumbangsih mahasiswa ini merupakan wujud rasa cinta kepada fakultas yang saat ini memang sedang berkembang. 

Dekan yang menerima poster-poster tersebut menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya atas sumbangsih karya dari mahasiswa. “Semoga ini bisa menginspirasi, dan ke depan harapannya dapat lebih dikembangkan lagi mengenai content atau isi materi posternya” tegas beliau.

 

(DS)