Bandar Lampung, 4 November 2024 – Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan kegiatan Business Promotion Day pada Senin (4/11) di halaman gedung FEBI UIN Raden Intan Lampung. Kegiatan ini merupakan bagian dari praktik pembelajaran mata kuliah Komunikasi Bisnis Syariah yang diampu oleh Mia Selvina, M.S.Ak., sekaligus menjadi penilaian Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah tersebut.
Business Promotion Day melibatkan mahasiswa secara berkelompok untuk mencari produk dan jasa sebagai bahan praktik promosi. Mahasiswa diminta untuk menyusun surat penawaran kepada perusahaan prospektif, bernegosiasi untuk mendapatkan dukungan berupa produk dan alat promosi, serta mengatur bazar sebagai sarana memperkenalkan produk dan jasa kepada mahasiswa, dosen, serta staf di lingkungan FEBI UIN Raden Intan Lampung.
Beragam produk dan jasa dari berbagai brand turut menjadi sponsor dalam kegiatan ini, di antaranya IM3; produk kosmetik dan skincare seperti OMG (Paragon), Beauty of Angel, Heyvir, Bio Herbal; produk minuman dan makanan seperti Larutan Penyegar, Pocari Sweet, Susu Kambing Etawa, Cimory, Yakult; hingga produk-produk UMKM lokal seperti Bidadari Tapis, Umma Spray, Soya, Kopi dan Keripik Patin. Di sektor jasa, turut serta Yess English, Just Speak Indonesia, dan Akira Public Speaking Class.
Selain melatih kemampuan negosiasi dan komunikasi bisnis, mahasiswa juga diberi tantangan untuk memahami product knowledge dan menganalisis target pasar. Hasilnya, antusiasme pengunjung terlihat tinggi, dan sebagian besar produk yang dijajakan berhasil terjual hingga stok habis dalam waktu singkat. Hal ini membuktikan efektivitas kegiatan ini dalam memberikan pengalaman praktik langsung bagi mahasiswa, sekaligus mendukung pemilik brand dan pelaku UMKM dalam memperkenalkan produk serta meningkatkan penjualan.
Dosen pengampu, Mia Selvina, M.S.Ak., menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan teori komunikasi bisnis syariah di lapangan. “Melalui Business Promotion Day, mahasiswa tidak hanya belajar berkomunikasi, tetapi juga merasakan pengalaman langsung dalam dunia bisnis, mulai dari strategi pemasaran hingga mencapai penjualan,” ujarnya.
Business Promotion Day telah membuktikan bahwa pembelajaran berbasis praktik dapat memberikan manfaat ganda, yaitu mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa sekaligus memberikan dampak positif bagi mitra industri dan pelaku UMKM.
(DS/MS)