Home » Tak Berkategori » Pengenalan Budaya Akademik Mahasiswa Baru FEBI 2017

Pengenalan Budaya Akademik Mahasiswa Baru FEBI 2017


25 Agustus 2017FEBI UIN Raden Intan Lampung – Agustus 2017

 

Sebanyak  742 calon mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)  ikuti PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) di FEBI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) 2017, Senin (21/8/2017).

 

Pembukaan PBAK Tingkat Fakultas dilaksanakan di Halaman FEBI tepat pada Pukul 11.00 WIB. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FEBI, H. Supaijo, S.H., M.H. mengatakan, PBAK Fakultas merupakan wahana untuk mengenalkan dunia kampus dan akademik yang ada di Fakultas secara khusus dan tingkat Universitas secara umum. “Tentu Pengenalan Budaya Akademik yang ada di FEBI sangatlah penting bagi calon mahasiswa. Agar mereka paham apa yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai mahasiswa FEBI nantinya.”

 

 

Dalam acara pembukaan tersebut, Dekan FEBI, Dr. Moh. Bahruddin, M.A. juga menyampaikan penegasan bahwa target utama PBAK Fakultas tahun 2017 ini adalah memperkenalkan lingkungan, tradisi dan budaya kampus, baik dalam bidang akademik, maupun non akademik, kegiatan belajar mengajar, dan kemahasiswaan. “Calon mahasiswa harus menyadari, bahwa proses pembelajaran di perguruan tinggi sangatlah berbeda dengan proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Di samping itu, PBAK Tahun ini juga sekaligus menyahuti beberapa isu aktual dan strategis. Di antaranya ialah semakin terkikisnya rasa kebangsaan dan nasionalisme di kalangan generasi muda. Paham radikalisme juga ditengarai mulai menyusup ke lingkungan kampus. Demikian juga tentang ancaman serius penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Oleh karena itu, dalam PBAK tahun ini, calon mahasiswa FEBI akan diberi pembekalan ilmu tentang Wawasan Kebangsaan dan Wawasan Keislaman.” jelas beliau.

 

PBAK Tahun 2017 akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari, yakni sejak tanggal 21-24 Agustus 2017. Di dalam agendanya, calon mahasiswa akan diberikan materi tersebut di atas, penyampaian Visi dan Misi Fakultas, pengenalan program studi yang ada di FEBI, Sosialisasi tatacara perkuliahan di FEBI, pengenalan oganisasi kemahasiswaan, pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), beberapa penampilan UKM-UKM yang ada di FEBI dan UIN RIL, serta penggalian bakat minat yang direalisasikan dalam perlombaan-perlombaan di bidang olahraga antar fakultas. Selain itu, PBAK akan ditutup dengan acara Pengukuhan Mahasiswa Baru UIN RIL Tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada hari Jumat (25/08/2017) Pukul 14.00 WIB di Gedung Serba Guna UIN RIL. 

 

Terlepas dari beberapa penjelasan tersebut di atas, ada sesuatu yang unik dan spesial untuk pelaksanaan PBAK FEBI tahun ini. Wakil Dekan II FEBI, Hanif, S.E., M.M. berinisiatif membariskan calon-calon mahasiswa baru untuk membentuk formasi mozaik “FEBI” di pelataran Fakultas. Gambar diambil dengan menggunakan kamera Drone. Dan luarbiasanya, FEBI menjadi satu-satunya Fakultas yang melaksanakan pengambilan gambar mozaik ini. “Kita Fakultas pertama yang pakai seperti ini. Nantinya, kita akan buat yang lebih sempurna lagi. Gambar yang diambil akan kita masukkan ke dalam Video Profil FEBI yang digarap langsung oleh salah satu Dosen muda FEBI, Dedi Satriawan.” jelas beliau. 

 

(DS)